Thursday, August 10, 2017

TIGA UNSUR PENCAK SILAT | Infopagarnusa

Indonesia memiliki kebudayaan yang amat teramat menarik dibandingkan dengan negara-negara lain didunia salah satunya adalah kebudayaan seni beladiri [ pencak silat ]. Pada umumnya pencak silat memiliki tiga unsur yang tidak bisa dihilangkan dalam pola perkembanganya. tiga unsur dalam pencak silat tersebut meliputi:
  1. Olahraga
  2. Seni
  3. Spirtual

Infopagarnusa.com
3 unsur pencak silat


Olahraga

Unsur mendasar suatu pencak silat adalah basic olahraga setiap gerakan yang diperagakan seorang dalam pencak silat selalu dilandasi dengan olah fisik dan kebugaran tubuh. oleh sebab itu unsur penting pencak silat dibidang olahraga tidak bisa dihilangkan.


Seni

Pencak silat bukan hanya sekedar bicara beladiri atau gerakan jurus yang baku juga tidak hanya bicara teknik mematikan melumpuhkan lawan pencak silat itu luas dalam perkembangannya pencak silat memiliki usur beladiri yang dipadukan pada seni kebudayaan. Sejatinya pencak silat bukan hanya beladiri akan tetapi juga keindahan dalam gerakan.


Spiritual

Indonesia adalah negeri yang memiliki history leluhur dengan kiblat spiritual. pada masa kerajaan hindu-budha hingga masuknya islam negeri ini selalu kental akan aroma mistik dan ilmu-ilmu kanuragan yang telah dipelajari masyarakat hingga saat ini. dalam penerapan konsep spiritual biasanya akan dipadukan pada sebuah gerakan fisik sebagai pendukung. dalam hal ini implementasi nilai spiritual serta paduan kekuatan fisik telah ada didalam seni beladiri pencak silat.


Jika salah satu dari tiga unsur tersebut dihilangkan maka nilai seni pencak silat tersebut akan berkurang sehingga tidak akan menghasilkan nilai kebudayaan kesenian serta keindahan yang lengkap. tetap pertahankan ketiga unsur tersebut sebagi rasa syukur kita terhadap warisan leluhur.



EmoticonEmoticon