Friday, August 11, 2017

TATA CARA PEMBUKAAN LATIHAN PAGAR NUSA | Info pagar nusa

Pagar nusa - pencak silat asli indonesia yang terlahir dengan tiga unsur murni pencak silat didalam perkembangannya yaitu Olahraga, seni dan spiritual. pencak silat yang berkembang dibawah naungan badan otonom Nahdlatul Ulama ini terlahir dikalangan pondok pesantren dan didirikan oleh para kiyai dan ulama sebagai identitas pagar nusa dikenal sebagai salah satu pencak silat santri sebagai bekal berdakwah

Pagar nusa dan Nahdlatul ulama adalah satu bersama-sama berjuang untuk bangsa dan agama dengan mempertahankan faham Ahlusunnah wal jama'ah. seperti yang telah kita ketahui bahwa faham ahlusunnah merupakan faham islam yang sangat menghargai serta menjaga sejarah dan tradisi secara islami.

Infopagarnusa.com
Infopagarnusa.com

Tradisi masyarakat indonesia wabil khusus warga nahdliyin masih sangat kental dengan unsur islam dengan kebudayaan. sejarah adalah goresan cerita sekaligus saksi seuah peradaban seperti yang diwariskan oleh para wali yang begitu leluasa mengislamkan masyarakat nusantara yang dahulu adalah mayoritas Hindu-Budha melalui sebuah karya-karya seni kebudayaan yang menyejukan dan damai islam bisa diderima dengan tulus dan ihklas oleh masyarakat.

Salah satu yang saat ini masih akan terus mempertahankan metode ini adalah pencak silat pagar nusa yang dirintis dengan tujuan mengikat berbagai aliran silat kemudian diersatukan dalam satu naungan pagar nusa. berbagai aliran berarti beragam jurus beragam identitas beragam pula cara berkembang namun dengan adanya pagar nusa aliran-aliran silat tersebut bisa disatukan dengan sebuah identitas kesenian warisan wali yaitu tradisi ke NU an.

Baca juga | Misteri keajaiban lambang Nahdlatul Ulama..!!!

Tata cara pembukaan semua aliran pencak silat pagar nusa adalah sama yaitu melakukan metode bersuci dan bertawasul sebagai salah satu ciri khas warga nahdliyin.

  Berikut tata cara pembukaan latihan pagar nusa:

  • ♦ Bersuci / Berwudlu
  • ♦ Seragam lengkap 
  • ♦ Duduk membentuk lingkaran rapat
  • Bertawasul dan tahlil 
  • ♦ Berdoa khusus dipimpin pelatih
  • ♦ Baris berbaris 

Untuk pembacaan tawasul dan tahlil bisa dilihat disini..
Pada dasarnya berdo'a dalam keadaan suci akan menciptakan kemudahan kita dalam menuntut ilmu oleh sabab itu para pendiri pagar nusa menganjurkan tata cara pembukaan latihan diwajibkan dalam kondisi suci dari hadast besar ataupun kecil . kemudian diiringi dengan pembacaan tawasul dan tahlil yang biasa akan dipimpin ketua pelatih atau sesepuh dalam masing-masing tempat latihan.

Kurang lebih seperti itu prosedur pembukaan latihan pagar nusa yang biasa dilakukan oleh para pesilat nu pagar nusa . apabila dalam proses latihan siswa batal dalam arti kembali terkena hadast kecil/besar maka dianjurkan untuk kembali bersuci/berwudlu dan kemudian mengikuti latihan kembali.

Melihat tata cara pembuakaan latihan pagar nusa yang religi seperti itu timbul pertanyaan apakan seorang on muslim bisa belajar pagar nusa? selengkapnya baca disini..

Semoga wawasan tentang cara pembukaan latihan pagar nusa diatas bisa bermanfaat dan bisa menambah ilmu dan dapat diterapkan dalam berlajar pagar nusa.


  Baca juga





EmoticonEmoticon