Wednesday, August 16, 2017

SEJARAH BERDIRI TAPAK SUCI PUTRA MUHAMMADIYAH | Infopagarnusa.com

Sejarah berdirinya pencak silat Muhammadiyah Tapak Suci

Tapak Suci Putra Muhammadiyah | Adalah salah satu pencak silat dangan pamor luar biasa diranah persilatan diindonesia selain memiliki jumlah anggota yang besar pencak silat sekaligus badan otonom Muhammadiyah. pencak silat Tapak Suci penyebarannya cukup luas hingga manca negara .

Sejarah Tapak Suci | Infopagarnusa.com
Sejarah Tapak Suci



Awal mula Tahun 1921 dalam konferensi Pemuda Muhammadiyah di Yogyakarta KH. Busyro bertemu dengan A.Dimyati dan M.Wahib. Diawali dengan adu kaweruh antara M.Wahib dengan Achyat (kelak berganti nama menjadi H. Burhan) selanjutnya kedua kakak beradik ini mengangkat KH. Busyro sebagai Guru.

KH. Busyro Syuhada kemudian pindah dan menetap di Yogyakarta sehingga aliran Pencak Silat Banjaran, yang pada awalnya dikembangkan melalui Pondok Pesantren Binorong kemudian dikembangkan di Kauman Yogyakarta. Atas restu Pendekar Besar KH. Busyro, A. Dimyati dan M.Wahib diizinkan untuk membuka perguruan dan menerima murid. Tahun 1925 dibukalah Perguruan Pencak Silat di Kauman, terkenal dengan nama Cikauman. Perguruan Cikauman dipimpin langsung oleh Pendekar Besar M. Wahib dan Pendekar Besar A. Dimyati.

Tersebutlah M. Syamsuddin murid Cikauman yang dinyatakan berhasil dan lulus diizinkan untuk menerima murid dan mendirikan Perguruan Seranoman. Perguruan Seranoman berletak di kauman sebelah utara, melahirkan seorang Pendekar Muda M. Zahid yang mempunyai seorang murid andalan bernama Moh. Barrie Irsyad.


Baca juga :


Pendekar Moh. Barrie Irsyad, sebagai murid angkatan ke-6 yang telah dinyatakan lulus dalam menjalani penggemblengan oleh Pendekar M. Zahid, M. Syamsuddin, M. Wahib dan A. Dimyati. Kemudian mendirikan Perguruan kasegu yang merupakan senjata khas yang berlafal Muhammad yang diciptakan oleh Pendekar Moh. Barrie Irsyad.


Awal berdirinya pencak silat tapak suci putra muhammadiyah

Pada tanggal 31 juli 1963 tepat dikauman yogyakarta Pencak silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah | TSPM yang dibentuk dari gabungan aliran silat antara lain:

  • Cikauman
  • Seranoman
  • Kesegu 

Pelopor pembentukan pencak silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah adalahMoh. Barrie Irsyad dalam pembentukan pencak silat TSPM terpilih  Djarnawi Hadikusumo sebagai ketua umum pertama.

Baca juga :

TAPAK SUCI menjadi wadah silaturahmi para pendekar yang berada di lingkungan Muhammadiyah. Pada tahun 1964 Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Ahmad Badawi Tapak Suci diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah.


EmoticonEmoticon