Friday, August 18, 2017

RAHASIA JATIDIRI IKS.PI KERA SAKTI | Infopagarnusa.com

IKS.PI Kera Sakti merupakan salah satu pencak silat asli indonesia yang memiliki aliran paling beda dibanding dengan silat lain diindonesia pada umumnya. aliran jurus serta gerakan hingga atribut yang ada didalam pencak silat Ikspi kera sakti lebih didominasi dengan kebudayaan china. bukan berarti perguruan ini adalah kebudayaan bangsa china. dibentuk pada tahun 1980 pencak silat yang berpusat dimadiun ini memiliki jumlah pendekar yang merata diseluruh wilayah indonesia. tidak heran jika pencak silat beraliran kung fu ini menjadi salah satu dari lima silat terbesar dan disegani diindonesia

Rahasia Jatidiri Ikspi Kera Sakti | Infopagarnusa.com
Rahasia Jatidiri Ikspi Kera Sakti



Baca juga:

  • Lima pencak silat yang disegani karena jurus-jurus mematikannya
  • Tiga pencak silat dengan jumlah pendekar terbanyak diindonesia
  • Empat silat asli indonesia yang mampu berkembang diluar negeri
  • Tiga pencak silat yang beraung dibawah ormas islam

Pada dasar tingkat pembelajaran pencak silat IKS.PI Kera Sakti hingga menjadi seorang pendekar sejati diperlukan usaha yang keras dan tidak bisa ditempuh secara singkat oleh sebab itu ada beberapa hal penting yang harus dipahami oleh para pendekar IKSPI.Kera Sakti setelah menjadi salah satu bagian didalamnya sehingga mampu menjadi pendekar sejati kera sakti yang sesungguhnya.


Disebut dengan "PURASTI BAPURBA JAYADHISA"


PURASTI (Putra Kera Sakti Sejati) artinya setiap jiwa Warga/Pendekar IKS yang memahami, menghayati dan menjalankan ajaran ke-IKS-an.

BAPURBA ( Baik, Pandai, Jujur dan Bijaksana)

  • Baik berarti Putra Kera Sejati berlaku baik kepada siapapun tanpa mengharapkan pamrih dan berbuat baik tanpa memandang perbedaan status, profesi dan agama.
  • Pandai berarti Putera Kera Sejati dapat memisah dan memilah masalah sehingga tidak pernah membawa-bawa nama perguruan sendiri maupun perguruan orang lain. intinya bisa membedakan masalah pribadi dan masalah organisasi
  • Jujur berarti Putera Kera Sejati bertindak jujur dan bisa mempertanggungjawabkan setiap tindakannya baik kepada dirinya sendiri, terhadap orang lain dan terhadap tuhan Yang Maha Esa. Karena kejujuran adalah modal utama apabila diri kita ingin dihormati dan disegani orang lain.
  • Bijaksana berarti Putera Kera Sejati harus bisa arif dalam setiap memutuskan sikap. Disini lebih ditekankan bagaimana cara Warga/Pendekar IKS dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada baik itu permaslahan pribadi, keluarga ataupun perguruan.

JAYADHISA (Jaya, Abadhi, Sepanjang Masa)

  • Jaya memiliki makna bila BAPURBA telah dapat kita pahami dan jalankan dalam langkah kita sehari-hari dan diselaraskan dengan nilai ke-IKS-an maka kita akan jaya. Kejayaan disini bukan saja kejayaan perguruan, tetapi lebih dari itu yaitu kejayaan hati kita. Warga/Pendekar IKS yang BAPURBA akan damai hatinya sabar dalam segala hal dan selalu tawakal terhadap semua ketentuan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Baca juga: Pesan terakhir Raden Totong Kiemdarto
  • Abadhi artinya menggambarkan kekekalan. Sebagai Warga/Pendekar IKS yang BAPURBA bila nanti kita telah meninggal dunia maka nama kita akan dikenang baik oleh orang lain (saudara seperguruan dan masyarakat). Perlu diingat, bahwa hidup ini adalah sarana untuk mencari bekal dikehidupan yang akan datang. Dan juga keabadian itu sendiri mengacu kepada keabadian akan ilmu yang kita miliki, selama kita tetap madep – manteb (setia) kepada perguruan yang kita cinta dengan menjalankan ajaran-ajaran IKS.
  • SepanjangMasa artinya bahwa kejayaan dan keabadian itu akan berlaku sampai kapan pun selama kita para PURASTI yang BAPURBA tetap terus bersatu teguh mengembangkan ajaran IKS (ke-IKS-an) dengan pepatah, “ Selama Mawar Merah Masih Tumbuh di Muka Bumi ini, maka Harumnya Akan Mendamaikan Jiwa dan Selama Itu Pula PURASTI Tak Akan Pernah Hilang, Mati Satu Tumbuh Seribu.”


EmoticonEmoticon