Friday, August 18, 2017

PENYEBARAN SILEK MINANGKABAU KELUAR NEGERI | Infopagarnusa.com

Kelanjutan dari sejarah silek minangkabau pada artikel sebelumnya penyebaran pencak silat silek minangkabau yang telah diyakini berkembang diluar nusantara wilayah yan terdekat dari kepulauan nusantara adalah

Silek Minangkabau | Infopagarnusa.com
Silek Minangkabau


Singapura : Posisi Singapura atau dahulu disebut Tumasik yang strategis membuat wilayah ini dikunjungi oleh berbagai bangsa semenjak dahulu kala. Silek Minangkabau telah menyebar ke sana sekitar tahun 1160 fakta ini ditandai dengan gelombang migrasi bangsa Melayu dari Minangkabau.

Malaysia: Penyebaran Silek Minangkabau di Negeri Malaysia terjadi terutama akibat migrasi penduduk Minangkabau ke Malaka pada abad ke 16 dan juga karena adanya koloni Minangkabau di Negeri Sembilan. Silek Pangian, Sitaralak, Silek Luncur juga berkembang di negeri jiran ini. Silat Cekak, salah satu perguruan silat terbesar di Malaysia juga memiliki unsur-unsur aliran silek Minangkabau, seperti silek Luncua, Sitaralak, kuncian Kumango dan Lintau di dalam materi pelajarannya silatnya.

Filipina: Penyebaran Islam ke Mindanao, yang dilakukan oleh Raja Baginda, keturunan Minangkabau dari Kepulauan Sulu pada tahun 1390. Penyebaran ini mungkin akan mengakibatkan penyebaran budaya Minangkabau, termasuk silat ke wilayah Mindanao. Bukti-buktinya masih dalam pengkajian para ahli sejarah.


Baca juga:



Brunei Darussalam: Penyebaran Silek ke Brunei seiring dengan perjalanan bangsawan dan penduduk Minangkabau ke Negeri Brunei. Seperti yang sudah dijelaskan pada awal tulisan ini, bahwa silek adalah bagian dari budaya Minangkabau, oleh sebab itu mereka yang pergi merantau akan membawa ilmu beladiri ini ke mana pun, termasuk ke Brunei Darussalam. Kajian hubungan silek Minangkabau dan Brunei masih dibutuhkan, namun yang pasti, para pemuka kerajaan Brunei memiliki pertalian ranji dengan raja-raja di Minangkabau. Ada dugaan bahwa Awang Alak Betatar, pendiri kerajaan Brunei (1363-1402) yang gagah berani berasal dari Minangkabau karena gelar-gelar dari saudara-saudara dia mirip dengan gelar-gelar dari Minangkabau, namun catatan tertulis diketahui bahwa migrasi masyarakat Minangkabau berawal dari pemerintahan Sultan Nasruddin Sultan Brunei ke-15) tahun 1690-1710 yang ditandai dengan tokoh yang bernama Dato Godam (Datuk Godam) atau Raja Umar dari keturunan Bandaro Tanjung Sungayang, Pagaruyung.

Austria: Perguruan sileknya bernama PMG=Sentak, dikembangkan oleh Pandeka Mihar
Spanyol: Perguruan sileknya bernama Harimau Minangkabau, dikembangkan oleh Guru Hanafi di kota Basque

Belanda: Silek Tuo dikembangkan oleh Doeby Usman,
Satria Muda, dikembangkan oleh Cherry dan Nick Smith pada 1971. Mereka adalah murid dari dari Guru W. Thomson, Paulu Sembilan, Silat dari Pauh Sembilan Kota Padang,

Hongkong: Perguruannya bernama Black Triangle Silat dikembangkan Pendekar Scott McQuaid. Pendekar Scott adalah termasuk dalam jalur waris dari guru Hanafi, sama dengan Guru de-Bordes di Ghana.

Amerika Serikat:
Bapak Waleed adalah salah satu tokoh yang mengembangkan silek Minangkabau di USA, Baringin Sakti yang dikembangkan oleh Guru Eric Kruk

Perancis: Perguruannya bernama Saudara Kaum dikembangkan oleh Haji Syofyan NadarPerguruan ini juga memiliki guru mengajarkan silat dari Tanah Sunda seperti Maenpo Cianjur (Sabandar, Cikalong dan Cikaret) dan Silat Garis Paksi.
Ghana, Afrika: Perguruannya bernama Harimau Minangkabau dikembangkan oleh Guru de-Bordes yang belajar ke Guru Hanafi  dengan permainan silat harimau.

Bangganya memiliki kebudayaan yang dikenal diseluruh belahan dunia. jaga warisan leluhur kembangkan jangan sampai punah dinegeri sendiri.



EmoticonEmoticon