Friday, August 25, 2017

Pencak Silat Indonesia Tampil Di UNESCO | Infopagarnusa

London 31 Oktober 2016 - Pencak silat dinyatakan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda Nasional,Selang sehari setelah penetapannya untuk pertama kaliPencak silat dipentaskan di Gedung UNESCO dalam acara ASPAC Evening di markas Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB di Paris-Prancis.

Pencak Silat Indonesia Tampil Di UNESCO | Infopagarnusa
Pencak Silat Indonesia Tampil Di UNESCO | Infopagarnusa


Menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi seluruh masyarakat Indonesia terkusus bagi pada pecinta Pencak Silat. Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, T. A. Fauzi Soelaiman mengatakan, Indonesia turut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan kegiatan malam ASPAC dengan menyajikan pertunjukan seni Pencak Silat dan kuliner nusantara. Indonesia menampilkan pertunjukan seni Pencak Silat dari kelompok pencak silat KBRI Paris. "Pertunjukan pencak silat bertepatan dengan sehari setelah ditetapkannya pencak silat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sebagai salah satu dari 150 warisan budaya tak benda nasional Indonesia,"

Langkah besar menuju pengusulan pencak silat sebagai warisan budaya tak benda dunia UNESCO. Pesilat yang tampil pada malam ASPAC adalah Satria Nurizki Diass Suhana dan Sutra Patria Nurfaizi Diass Suhana, putra dari Alit Didin Supidin Suhana, pengasuh organisasi pencak silat di KBRI Paris dan staf Kantor Delegasi Tetap Indonesia di UNESCO.

Dengan jejak spektakuler ini semoga kedepan Pencak Silat yang menjadi salah satu cabang olahraga sekaligus kebudayaan bangsa indonesia bisa semakin baik dalam tingkatan internasional, berharap pencak silat bisa terus dikenal oleh negara-negara dibelahan dunia.

Pencak silat sendiri memiliki perkembangan yang sangat luar biasa baik didalam dan diluar negeri berbagai kegiatan kejuaran telah diselenggarakan baik Nasional hingga Internasional "Manca negara" selain itu pencak silat juga telah diperhitungkan dalam berbagai evant besar ajang olahraga internasional. meskipun belum bisa dipertandingkan didajang kejuaran Olimpiade Pencak Silat adalah olehraga yang lebih baik dari kejuaran Tekwondo. semoga tahun berikutnya Pencak Silat bukan hanya menjadi Nominasi akan tetapi juga menjadi salah satu Cabang Olahraga yang dipertandingkan dalam gelaran Ajang Olimpiade. aminn


EmoticonEmoticon