Monday, August 14, 2017

MAKNA LAMBANG IKSPI KERA SAKTI | Infopagarnusa.com

Pelajaran paling dasar dalam sebuah organisasi pencak silat diindonesia pada umumnya adalah tentang pembekalan sejarah dan identitas kebesaran masing-masing organisasi. dalam hal ini pencak silat memiliki identitas dan ciri khas yang berbeda antara satu dengan yang lainya.

IKSPI Kera Sakti sebuah aliran pencaka silat yang pertama kali dibentuk oleh seorang tokoh pesilat dari madiun bernama R. Tototng Kiemdarto Putra dari Bapak RM. Sentardi dan Ny. Oey Kiem Lian Nio "Sejarah berdirinya IKSPI Kera Sakti baca selengkapnya disini" . kiprah dari pencak silat yang lebih didominasi gerakan Kung-Fu ini isa dibiang cukup besar diindonesia keberadaanya pun bisa dijumpai diberbagai pelosok nusantara.

Bicara perguruan pencak silat IKSPI Kera Sakti memiliki sebuah lambang kebesaran yang memiliki makna sangat bijak dalam penerapan dikehidupan para pesilat lera sakti berikut detail dari makna lambang perguruan ikspi kera sakti:

Lambang Ikspi Kera Sakti | Infopagarnusa.com
Lambang Ikspi Kera Sakti



Arti lambang IKSPI Kera Sakti :
Baca juga : Makna lambang pencak silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah


  • Berbentuk Perisai : Melambangkan bahwa ilmu yang diajarkan diPerguruan IKS.PI Kera Sakti untuk melindungi diri (tameng) dan bukan untuk dipakai sewenang-wenang.

  • Perisai Dengan Tiga Tingkatan : Melambangkan tingkatan yang diajarkan terbagi dalam tiga tingkatan yaitu: 
    1. Tingkat I / Warga (Sabuk Biru)
    2. Tingkat II / Pendekar (Sabuk Merah) 
    3. Tingkat III / Dewan Guru (Sabuk Merah Strip Kuning Emas)

  • Gambar Manusia Dibayangi Kera : Melambangkan bahwa pelajaran Ilmu Bela Diri yang diajarkan kepada semua anggota Perguruan IKS.PI Kera Sakti adalah menggunakan Jurus atau Gerakan Silat Aliran Kera.

  • Gambar Lingkaran Berekor / Huruf Q : Melambangkan Kekuatan Rohani / bathin / Qontak (tenaga dalam) serta melambangkan hubungan antara Warga IKS.PI Kera Sakti dengan Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

  • Warna Merah : Melambangkan hati yang teguh pendirian, kokoh, sifat dan sikap berani dan pantang menyerah.

  • Warna Kuning : Melambangkan kepandaian dan kelincahan.

  • Warna Hitam : Melambangkan kekuatan tubuh/fIsik (kekuatan lahir).

  • Warna Putih : Melambangkan keluhuran budi pekerti dan kesucian hati.


Setelah mempelajari arti lambang IKSPI Kera Sakti yang memiliki makna sangat mulia diatas sudah selayaknya para pesilat khususnya yang bukan dari aliran IKSPI Kera Sakti juga menghormati sebagai wujud kepedulaian kita akan nilai-nilai kebhinekaan. tetap jaga kerukunan lintas pesilat salam 86


EmoticonEmoticon