Monday, August 14, 2017

APA BEDANYA GASMI DAN PAGAR NUSA | Infopagarnusa.com

Singkat cerita - Pagar nusa terlahir dilingkungan pondok pesantren yang diproklamasikan oleh para sesepuh ulama dan kiyai serta jawara-jawara nusantara pada era 80an dibentuk sebagai tujuan utamanya adalah sebagai wadah pencak silat nusantara yang menjadi salah satu badan otonom Nahdlatul Ulama hingga artikel ini ditulis pagar nusa tetap menjadi wadah utama pencak silat tradisional yang bergeliat dibawah asuhan para ulama dan panji-panji Nahdlatul ulama. Dalam pendeklarsian pertama pencak silat NU Pagar Nusa pada tahun 1986 terpilih Kh. Abdullah Maksum Jauhari sebagai ketua umum sekaligus sebagai salah satu guru besar PSNU Pagar Nusa.

Bedanya gasmi dan pagar nusa | Infopagarnusa.com
Ilustrasi perbedaan pagar nusa dan gasmi

GASMI (Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia) adalah salah satu pencak silat dengan history yang legendaris dari wilayah jawa timur. pada era 70an pencak silat yang sangat populer dengan aksi-aksi memberantas oknum PKI ini didirikan oleh Kh. Abdullah Maksum Jauhari ( Gus Maksum ) yang merupakan salah satu tokoh ulama muda NU beliau juga memiliki bakat besar didunia persilatan.

Lantas apa berbedaan gasmi dan pagar nusa?

♦ Baca juga :




Mengacu pada sejarah singkat diatas baik pagar nusa dan gasmi sebenarnya adalah pencak silat yang sama. jika pagar nusa dibentuk sebagai wadah pencak silat maka salah satu isi pencak silat yang ada didalamnya adalah gasmi. Lain halnya dengan Gasmi - Gasmi merupakan pencak silat asli santri lirboyo yang terlahir lebih awal dan dibentuk oleh gus maksum. sejarah mengatakan bahwa gasmi merupakan salah satu aliran pencak silat cikal bakal lahirnya pagar nusa.

Bukti bahwa gasmi merupakan pencak silat cikal bakal pagar nusa diperkuat dengan terpilihnya Kh. Abdullah Maksum Jauhari ( Gus Maksum ) sebagai Ketua Umum pertama pagar nusa sekaligus salah satu guru besar pagar nusa yang dikenang hingga hari ini.

Bahasa jawa nya " Bedho ilmu tunggal guru ojo do cingkrehan" Pagar nusa beraliran gasmi keren. 


EmoticonEmoticon