Sunday, July 23, 2017

BIOGRAFI GUS MAKSUM

Tags

Biografi KH . Abdullah maksum jauhari


Intro history indonesia
Sejarah kelam indonesia tepat pada tahun 60-an dimana kala itu terjadi banyak sekali aksi-aksi pemerasan dan pencurian hingga pembunuhan, peperangan dan pemberontakan terjadi di berbagai penjuru nusantara, itu tak lepas dari isu rencana kudeta yang ingin dilakukan PKI terhadap rezim sukarno.
Gambar Pagar Nusa

Gus maksum jauhari

Pada masa-masa krisis ke-ekonomian ini menimpulkan banyak polemik diberbagai kalangan masyarakat hal ini mengakibatkan ribuan yawa melayang, peristiwa ini disebut dengan G30S dan tercatat didalam sejarah kelam bangsa indonesia. pada waktu yang bersamaan inilah seorang santri muda dari kalangan warga nahdliyin mencuri perhatian diberbagai kalangan dia hadir ditengah-tengan agresi pemberantasan PKI khususnya didaerah kediri hingga madiun dan ponorogo.

Kh. Abdullah Maksum Jauhari yang akrab disapa gus maksum , beliau adalah seorang ulama yang dikenal dengan ciri khasanya yaitu berambut gondrong dan selalu berpenampilan unik dalam kesehariannya, selain itu beliau juga dikenal sebagai pendekar sejati yang tidak segan-segan melakukan aksi nyata dalam membasmi kemungkaran yang meraja lela didareah Kab.kediri dan sekitarnya.


Berikut profile dari Kh. Abdullah maksum jauhari:
♢ Profil
  • ₪ Muhammad Abdullah Maksum - Abdullah maksum jauhari ( Gus maksum ) 
  • ₪ Lahir pada tanggal 8 Agustus 1944 
  • ₪ Tempat kelahiran : daerah kras kecamatan kediri-jawa timur 
  • ₪ Wafat tepat pada hari senin 21 Desember 2003 
♢ Riwayat pendidikan
  • ₪ Masuk SD kanigoro 1957 
  • ₪ Madrasah tsanawiyah lirboyo namun tidak sampai tamat 
  • ₪ Sebihnya beliau habiskan belajar mendalami ilmu agama dan pencak silat 

Semasa muda beliau dikenal dengan santri yang sangat berbeda dengan santri pada umumnya selain itu beliau dikenal juga sebagai pribadi yang taat beribadah , mengaji dan berpuasa.sejarah juga mengatakan bahwa gus maksum merupakan salah satu tokoh yang berpengaruh penting dalam sejarah penumpasan PKI di wilayah jawa timur . lewat kemahiran beliau dalam beladiri pencak silat inilah keberadaanya kala itu sangat dibutuhkan para ulama dan bangsa. 

Muhammad Abdullah Maksum "Gus maksum" dilahirkan dari sepasang tokoh berpengaruh dikalangan Nahdlatul ulma dan beliau juga dibesarkan di dilingkungan pondok pesantren , Ayahanda Gus Maksum Adalah Kh.Abdullah Jauhari Bin Kh.Fadil, Batokan kecamatan semen kab. kediri.
♢ Baca juga
Ibunda Beliau Adalah Nyai Hj.Aisyah Putri Dari Kh.Abdul Karim (Eyang Gus maksum pendiri GASMI dan salah satu tokoh pengasuh/pendiri pondok pesantren Lirboyo ).

Semasa masih dalam kandungan Kyai Jauhari dan Nyai Aisyah biasa membacakan Al-Qur’an,Asmaul Husna,Wirid,Shalawat dengan harapan agar kelak bayi yang dilahirkan menjadi seorang anak yang sholeh , berbakti kepada orang tua dan berguna bagi agama juga negara ,Gus maksum kecil terlahir menjadi anak paling bungsu dari tiga saudara kakak perempuannya, waktu terus berjalan dan gus maksum kecilpun tumbuh dengan menjadi seorang anak yang diharapkan oleh kedua orang tua nya menjadi anak yang sholeh dan berbakti ,dalam pertumbuhannya tak ada yang istimewa bagi gus maksum, sama halnya seperti anak-anak pada umumnya beliau juga diajarkan tentang ilmu agama dengan peraturan yang ketat dan tegas dididik sopan satun dan disiplin baik dalam beragama dan segala aspek kehidupan

Untuk mengenang jasa beliau yang telah diberikan kepada bumi pertiwi dan pagar nusa marilah sejenak kita kirimkan Ummul qur'an keada belaiu agar kelak kita bisa menjadi santrinya yang berbudi pekerti mulia dan berbakti pada kedua orang tua serta agama dan negara.. Alfatihah..

♢ Baca juga 


EmoticonEmoticon