Wednesday, September 7, 2016

SEJARAH GASMI | PAGAR NUSA


SEJARAH GASMI


Dimulai dari catatan sejarah singkat Indonesia
Paska era kemerdekaan Ir. Soekarno tepat pada era 60 hingga 70-an adalah masa dimana negeri ini sedang mengalami goncang krisis moneter berkepanjangan serta isu politik yang memanas sehingga banyak tindak kekerasan, pencurian hingga pembunuhan terjadi dimana-mana.

Konon Devide at empira pada masa ini sedang coba jalankan oleh beberapa oknum yang memiliki kepentingan politik sehingga mengakibatkan rasa takut serta wasa-was melanda masyarakat diseluruh penjuru negeri, isu semakin santer terdengar terlebih ketika oknum-oknum dari sayap kiri "PKI" mulai gencar bergerak melakukan orasi-orasi kotor dan anarki didepan umum, banyak ormas yang dibentuk untuk menteror masyarakat disertai tindakan brutal, tujuan utama mereka tidak lain adalah untuk membuat resah masyarakat dan mencoba melakukan tindakan licik mengkudeta pemerintahan Ir. Soekarno kala itu.

Pro dan kontra
PKI "Partai komunis Indonesia" merupakan salah satu partai yang sangat kuat pada saat itu serta memiliki peranan besar untuk mepengaruhi kestabilan bangsa indonesia karena memiliki jumlah anggota yang telah tersebar luas diseluruh pelosok negeri, tak ayal jika keberanaan-nya juga mampu membuat kerusakan yang luar biasa untuk negeri ini.

Pondok pesantren
Dalam sejarah tercatat bahwa pondok pesantren adalah tempat terlahirnya para pejuang-pejuang bangsa, bukan hanya sebagai tempat menimba ilmu agama dalam pondok pesantren juga dijadikan basis para ulama-ulama dalam meranjang berbagai strategi dalam melakukan perlawanan penjajah dan para oknum yang kontra dengan kepemimpinan Ir. Soekarno hingga atikel ini ditulis pondok pesantren tetap menjadi tempat berjuang para patriot bangsa.


Sejarah gasmi | Infopagarnusa.com
Ilustrasi pencak gasmi untuk pagar nusa
Download

Lantas apa hubungan sejarah diatas dengan pencak silat gasmi.?

Berawal dari cerita seorang santri kondang yang mendapatkan julukan sirambut api beliau adalah Kh. Abdullah maksum djauhari, sosok santri muda dari kalangan Nahdlatul ulama yang memiliki semangat tinggi dalam memperjuangkan seni kebudayaan serta martabat bangsa dan agama.

Lahir pada tanggal 8 Agustus 1944 dan dibesarkan dikalangan pondok pesantren gus maksum memiliki rasa patriotisme yang sangat tinggi terlebih dalam urusan berjuang untuk bangsa dan agama, pada masa dimana gus maksum telah remaja tepat diera 60 an

♢ Baca juga :


Indikasi sejarah gasmi dimuali

Pada era 60an negeri ini benar-benar mengalami fase krisis moneter yang berkepanjangan hingga terjadi banyak tindak kejahatan yang disertai pembunuhan ditambah isu politik serta isu kudeta yang semakain gencar untuk melengserkan pemerintahan Ir. Soekarno.


Sejarah gasmi | Infopagarnusa.com
Ilustrasi pencak gasmi untuk pagar nusa
Download


PKI adalah salah satu partai politik yang sangat populer, besar dan beranggotakan lebih dari ribuan orang yang pada saat itu diperkasai oleh ' Tan Malaka  ' selain memiliki tujuan utama mengubah bangsa ini menjadi bangsa komunis partai ini menghalalkan berbagai cara untuk mencapai tujuannya tersebut, aksi-aksi provokasi kotor disertai pembunuhan dan melakukan fitnah terhadap ulama-ulama khususnya ulama dikalangan nahdliyin bahkan kekejian dari oknum Pki ini tidak hanya itu saja ada banyak kasus penculikan dan pembunuhan terhadap kiyai-kiyai yang berpengaruh khususnya diwilayah jawa timur yang diduga kuat dilakukan oleh oknum-oknum Pki kala itu.

Nahdlatul ulama yang notabene merupakan organisasi islam yang didirikan oleh kalangan ulama besar yang salah satunya diperkasai oleh Hadratus Syaikh Hasyim Ashari adalah tujuan utama para pemimpin bangsa ini dalam urusan mengambil sebuah keputusan untuk keberlangsungan bangsa.

♢ Baca juga :


Dari seluruh kalangan warga nahdliyin tidak akan tinggal diam apabila bangsa ini dijadikan sebagai bangsa Komunis, Pro dan kontra antara pihak Militer yang didukung penuh Nahdatul Ulama yang siap malakukan perlawanan terhadap Pki disinilah peran dari santri muda dengan keahlian luar biasa dalam ilmu berladiri mulai terlihat.

Kh. Abdullah Maksum Jauhari santri nyentrik yang lebih akrab disapa Gus maksum ini menjadi sosok penting dari kalangan NU dalam melakukan aksi perlawanan terhadap setiap organisasi yang dibentuk Pki khususnya diwilayah Jawa timur - Kediri dan sekitarnya.

Diwilayah jawa timur kususnya didaerah kediri oknum Pki sangat mendominasi, seakan provokasi serta pelecehan terhadap ulama dan NKRI adalah perkerjaan mereka, tentu aksi-aksi ini tidak lantas didiamkan begitu saja oleh Gus Maksum yang memang memiliki darah keturunan Ulama dan berjiwa potriot ini, terbitlah sebuah semboyan dari beliau " Ada aksi ada rekasi" begitulah gus maksum menanggapinya.

Perihatin akan keberadaan bangsa ini yang semakin semrawut ditambah Pki semakin hari semakin menjadi, bahkan beberapa lembaga dari Pki telah terus dibentuk sebagai ladang tandingan dan provokasi salah satunya adalah Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat). Gus maksum yang kebetulan adalah seorang Ulama yang memiliki bakat besar dalam dunia persilatan akhirnya membentuk sebuah kesenian silat dengan pelatihan berpusat didalam pondok pesantren lirboyo-kediri.

Awal Mula Gasmi dibentuk oleh Gus maksum


GASMI | Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia
Adalah seni beladiri yang mengedepankan latihan kekuatan fisik serta ilmu-ilmu kanuragan

♢ Detai GASMI (Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia )

  • Berdiri pada tahun 1970
  • Dipodok pesantren Lirboyo-Kediri
  • Oleh  Kh. Abdullah Maksum Juhari 

  • Seragam resmi gasmi warna merah
  • Arti dan makna Lambang Gasmi bisa dilihat disini
  • Arti dan makna Lambang Pagar Nusa lihat disini


Berpusat dikalangan pondok pesantren menjadikan pencak silat Gasmi digemari oleh para santri sebagai bekal berdakwah dan menjaga diri.

Gasmi sangat populer dikalangan santri dimasa gus maksum selain sebagai selingan kegiatan santri belajar ilmu agama gasmi juga mulai bnayak digemari oleh masyarakat umum diwilayah kediri karena aksi-aksi dalam melakukan perlawanan terhadap Lekra salah satu lembnaga dari Pki. banyak aksi-aksi pesilat gasmi ketika Lekra berorasi , selalu terdengar ditelinga para santri dan masyarakat kediri gus maksum menyeru " Ada aksi ada reksi, seruan ini ditujukan pada Lekra yang berarti Gasmi selalu menjadi lawan untuk aksi mereka kapan pun dan dimanapun.

Begitulah awal dari sejarah terbentuknya GASMI | Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia pada era Gus maksum jauhari.

♢ Baca juga sejarah Gasmi versi diera Mbah Abdul Manaf

  • Seajarah gasmi era Mbah Manaf Abdul Kharim

  • Seragam resmi gasmi warna merah
  • Arti dan makna Lambang Gasmi bisa dilihat disini
  • Arti dan makna Lambang Pagar Nusa lihat disini


Dari beberapa cerita singkat yang telah dipelajari dari beberapa tokoh/sesepuh pagar nusa aliran gasmi kususnya memiliki dua versi, yang pertama gasmi berdiri pada era Kh.Abdullah maksum jauhari dan ada pula yang mengatakan pencak silat gasmi ini telah berdiri jauh sebelum tahun 1970 yaitu diperkasi oleh kakek dari pada Kh.Abdullah maksum jauhari beliau adalah Kh. Mbah Manaf Abdul Kharim salah satu dari tiga tokoh ulama yang berperan dalam berdirinya pondok pesantren lirboyo.

Semoga cuplikan singkat sejarah indonesia dan gasmi diera gus maksum ini menjadikan wawasan kita dalam menolak lupa sejarah bangsa dan sejarah pagar nusa aliran gasmi.
Salam takdim dari Infopagarnusa.com


EmoticonEmoticon