Tuesday, September 20, 2016

PRASETIYA PAGAR NUSA

₪₪ Pagar Nusa ₪₪

Pencak silat pagar nusa Adalah pencak silat yang berperan utama menjadi wadah pencak silat yang dimiliki oleh ulama nahdliyin dengan langsung dinaungi oleh Nahdlatul ulama. dalam istilah lain yang lebih mendasar pagar nusa bisa diartikan sebagai jembatan penghubung seorang pesilat untuk jalur prestasi karena pencak silat pagar nusa sendiri berdiri dengan visi misi mengikat dan mengarahkan seorang besilat potensial dengan bakat untuk meraih sebuah prestasi.

Disisi lain pagar nusa juga ikut andil dalam mengemban tugas menjaga kedulatan NKRI dibawah naugan Nahdlatul ulama. oleh sebab itu bagi siapa saja yang berminat untuk menjadi anggota pagar nusa tentu tidak mudah karena harus melewati beberapa proses yang bisa dikatakan sangat sulit. salah satu yang paling penting adalah belajar langsung silat pagar nusa .

Melihat peran dan tugas yang berat setelah menjadi anggota pagar nusa tentu ini membuat pencak silat pagar nusa akan semakin sulit mendapatkan bibit-bibit pesilat pagar nusa yang berkarakter dan siap mengemban tugas menjadi seorang pesilat pagar nusa akan tetapi pagar nusa sendiri sepakat menerbitkan peraturan dasar organisasi bagi siapa saja yang merkemauan untuk belajar silat pagar nusa entah itu akan belajar dari aliran pagar nusa yang mana tetap mewajibkan bagi pesilat untuk mengamalkan sebuah pondasi dasar pencak silat pagar nusa

Beberapa pondasi dasar yang harus ditanamkan dalam diri seorang pesilat pagar nusa adalah pemahaman prasetiya pagar nusa. berikut bunyi dari prasetiya pagar nusa yang harus dipahami oleh semua anggota pagar nusa

infopagarnusa.blogspot.com
Download

★★★★★★★★
PRASETIYA PAGAR NUSA
بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَشْهَدُاَنْالَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَاَثْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًا رَسٌؤلُ اللهِ

Prasetiya Pagar Nusa
Kami pesilat NU Pagar Nusa sanggup melaksanakan
  1. Bertaqwa kepada Allah Swt.
  2. Berbakti kepada nusa dan bangsa
  3. Menjunjung tunggi persatuan dan kesatuan
  4. Mempertahankan kebenaran dan mencegah kemungkaran
  5. Mempertahankan faham Ahlusunnah wal jama'ah

★★★★☆★★★★
Pencak Silat NU Pagar Nusa
Namun disisi lain ada beberapa poin penting disetiap bunyi dari prasetiya pagar nusa yang perlu difahami bukan hanya untuk diucapkan dilisan akan tetapi ditanamkan didalam insan jiwa dan hati.

Berikut arti dari lima poin teks prasetiya pagar nusa

  • Bertaqwa kepada Allah Swt
Berarti bagi seorang pesilat pagar nusa adalah wajib hukum nya bertaqwa kepada Allah karena dengan menanamkan rasa taqwa dalam diri seorang pesilat akan menemukan rasa damai dan tentram dalam jiwa dan raga selain itu poin pertama ini merupakan pedoman untuk jalan manusi hidup didunia.

  • Berbakti kepada nusa dan bangsa
Tumapah darah para pejuang demi merebut kemerdekaa,n ribuan jiwa melayang dan pengerbonan yang tak terhingga dari para pahlawan . kini kita sebagai generasi yang tinggal merasakan kemerdekaan sudah sepatutnya kita menjaga dan mempertahankan keutuhan bagsa dengan berbakti dan melestarikan budaya yang diwariskan.
  • Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan

Menanamkan ahlak dalam diri seorang pesilat adalah hal yang sangat sulit karena sifat sombong dalam diri seorang pesilat itu sendirilah lah membuatnya sulit dikendalikan, untuk itulah prasetiya poin ke tuga ini dibuat , agar dalam diri pesilat mampu untuk tertanam rasa saling menghormati lintas pesilat dan menjaga bineka tunggal eka
  • Mempertahankan kebenaran dan mencegah kemungkaran

Poin keempat ini adalah mutlak bagi seorang pesilat pagar nusa, karena tujuan dari pagar nusa salah satunya adalah mengamalkan amal ma'ruf nahimunkar
  • Mempertahankan faham Ahlusunnah wal jama'ah

PSNU pagar nusa adalah kepanjangan pencak silat nu pagar nusa (pagarnya NU dan Bangsa) , organisasi pencak silat pagar nusa dicetuskan oleh para ulama nahdliyin dan telah disepakati sebagai satu-satunya pencak silat yang ninaungi langsung oleh NU , jadi tugas pesilat pagar nusa adalah menjaga dan mempertahankan faham ahlusunnah wal jama'ah..

Sekian semoga bermanfaat,..₪₪


EmoticonEmoticon