Wednesday, September 14, 2016

Pertingnya Memahami ORGANISASI didalam Pagar Nusa

Organisasi adalah kumpulan dari beberapa element yang terorganisir bertujuan untuk mempererat hubungan dan memajukan sebuah komunitas yang telah diorganisasikan didalamnya selain itu tujuan dari pada sebuah organisasi dibentuk tidak lain adalah untuk menyelaraskan segala sesuatu yang telah disepakati sebelumnya untuk membesarkan, mengembangkan dan memperkenalkan organisasi kemata dunia , dan apabila dalam sebuah organisasi tersebut telah mencapai suatu keselarasan yang terorganisir baik didalam maupun diluar barulah organisasi tersebut bisa dikatakan organisasi besar yang siap bersaing dengan organisasi lainnya , akan tetapi itu juga harus diimbangi oleh peran masing-masih jajaran yang terpilih didalamnya. Sudahkah pagar nusa seperti itu?

PAGAR NUSA : Berdiri dari tekat para Ulama dan berkembang dari sejuta keberagaman didalamnya.
Wadah pencak silat yang mengikat pencak silat aliran tradisional langsung dibawah naungan Nahdlatululama. Merupakan satu-satu nya pencak silat yang berperan penuh dalam keselarasan agama dan negara,  pencak silat ini terbentuk atas dasar dan tujuan yang mempesona yaitu menegakkan faham Ahlusunnah wal jama'ah dan menjadi benteng hidup untuk kedaulatan NKRI.


Pencak silat pagar nusa sendiri berdiri atas dasar kesepakatan para ulama dari berbagai penjuru negeri. Tentu hal ini bisa menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi perkembangan pagar nusa dan citra pagar nusa dimata masyarakat indonesia kedepan yang notabene adalah masyarakat nusantara sendiri berfaham Ahlussunnah waljama'ah akan tetapi disisi lain adapula hal negatif yang perlu digaris bawahi,dipelajari, dihindari dan diwaspadai seperti yang telah kita ketahui bahwasannya pencak silat pagar nusa hanyalah wadah bagi pencak silat aliran tradisional dengan tujuan didalamnya adalah mengikat dan menjadi jembatan utama bagi pesilat putra/putri terbaik untuk dapat berpartisipasi dalam kejuaraan IPSI dan Internasional sebagai jalur prestasi tentu ini sangat  baik, perlu kita catat juga bahwa didalam pagar nusa yang telah terisi berbagai macam aliran silat seperti GASMI, NH PERKASA , CHIMANDE , CIMANDE PAGLIPUR , BATARA , PORSEGAL , SAPUJAGAD , dll. jika Organisasi pagar nusa telah ter organisir tentu ini menjadi hal yang baik akan tetapi jika organisasi pagar nusa tidak mampu mengorganisir tugasnya sebagai wadah maka ini akan menjadi bumerang untuk melemahkan keberadaan seluruh pagar nusa , baik internal pagar nusa maupun external pagar nusa baik untuk pagar nusa maupun seluruh pencak silat yang ada didalam pagar nusa.

Beberapa hal positif yang telah dirasakan oleh organisasi pencak silat pagar nusa adalah
  1. Telah menjadi kepercayaan publik sebagai pencak silat yang beraqhlakul karimah
  2. Menjadi Pencak silat utama dalam jajaran Nahdlatul ulama
  3. Menjadi pilihan utama bersama BANSER dalam aktifitas keagamaan
  4. Menjadi prioritas utama sebagai pencak silat yang diminati dilingkungan pondok pesantren
  5. Tercatat sebagai pencak silat dengan ilmu kanuragan yang disegani
  6. Tercatat sebagai pencak silat muda yang mampu bersaing dengan silat besar dinusantara, Baik jumlah dan prestasi
  7. Satu-satunya pencak silat dengan sejuta keragaman materi yang mampu merkembang searah dan bersamaan .dll

Hal positif diatas tentu menjadi kabar baik bagi pagar nusa dan silat yang ada didalamnya karena dapat berkembang besar ,disegani dan dihormati didunia persilatan selain itu keberadaan pagar nusa dapat penjadi pencak silat pilihan utama/prioritas bagi publik untuk dipelajari baik dikalangan pondok pesantren ataupun kalangan masyarakat umum.

Jangan sampai hal positif yang telah dibangun oleh para pencetus pagar nusa dengan api semangat yang membara harus padam hanya karena diri kita yang selalu bersitenggang dan memperdebatkan perbedaan didalam pagar nusa.

Anda lupa ya...bukankah sudah dari dulu pagar nusa diisi dengan sejuta keragaman.
GASMI merah itu gagah
Chimande seni itu indah
Garuda Loncat PORSEGAL itu mematikan
Dan Pagar Nusa itu adalah semuannya


Silahkan kalian memperdebatkan warna seragam anda, materi anda dan kehebatan anda.. karena itu sah-sah saja.

Tapi jika seperti ini terus Pagar Nusa dan silat didalamnya akan selamanya tertinggal oleh silat tetangga sebelah

Yang lain sudah cari prestasi pagar nusa masih bahas perbedaan materi..
Kapan majunya...


Salam damai untuk seluruh pagar nusa nusantara
 


EmoticonEmoticon